Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J7

Sama-sama dikeluarkan pada bulan juni tahun 2015, smartphone Samsung Galaxy E5 dan Galaxy J7 mengusung spesifikasi yang sedikit berbeda. Beberapa perbedaan yang paling kentara diantaranya adalah, ukuran layar Galaxy J7 lebih besar dan menggunakan prosesor yang lebih kencang.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J7

Spesifikasi dan Harga Galaxy J7

Berikut adalah uraian dan ulasan lengkap mengenai smartphone ini, mulai dari jaringan yang digunakan, jeroan yang diberikan hingga kamera yang ditawarkan.

1. Dimensi dan Desain Smartphone
Ukuran smartphone ini sedikit lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan seri Galaxy J5. Dimensi bodi 152.2 x 78.7 x 7.5 dengan berat 171 gram. smartphone ini terlihat cukup menarik dengan ketipisan yang mencapai 7.5 mm.


Disamping itu, dengan lebar hanya 78.7 akan memudahkan kita untuk menggenggamnya walaupun sedikit kesulitan saat mengoperasikan jika menggunakan satu tangan. Untuk bisa mengoperasikannya dengan baik kita membutuhkan setidaknya dua tangan.

Body smartphone ini menggunakan bahan plastik.Namun, untuk menambah daya tariknya agar terlihat lebih elegan, Samsung memberikan bahan metal di bagian sisinya. Warna chrome di bagian sisi gadget, membuat tampangnya terlihat lebih stylish.

Di bagian depan, kita akan menemukan tombol fisik untuk Home.Dan di sebelah kiri serta kanannya, terdapat tombol kapasitif untuk Option dan Back.

Sedangkan di bagian belakang, bahan plastik yang digunakan tampak sedikit licin dengan finishing yang cukup baik. Masih di bagian belakang, kita akan menemukan sebuah kamera dengan desain segi empat yang memiliki sudut sudut bulat. Kamera tersebut didampingi oleh LED Flash di sebelah kanan dan speaker di sebelah kiri.

Sedangkan tombol fisik lainnya berupa tombol Power, berada di sisi sebelah kanan dan tombol volume berada di sisi sebelah kiri.

Letak lubang earphone jack 3,5 mm berada di bagian bawah,tepat disamping slot microUSB.

2. Layar
Ukuran layar smartphone ini lebih lebar 0.5 inci dibandingkan dengan Galaxy J5. Jadi, secara total bentang layar yang dimiliki oleh Galaxy J7 adalah 5.5 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixels. Resolusi tersebut sama persis dengan resolusi yang dimiliki oleh J5.

Begitu juga dengan display yang digunakan, tipe display yang disematkan adalah, super AMOLED Capacitive Touchscreen yang memiliki kedalaman warna hingga 16 juta. Sayangnya, layar ini tidak dilindungi dengan Corning Gorilla Glass sehingga masih rawan untuk terkena goresan. Walau demikian, Samsung mencoba memberikan kaca yang terbaik sehingga tidak mudah untuk tergores maupun pecah saat terjatuh.

Layar ini terlihat sangat jernih, mampu menampilkan gambar dengan maksimal serta warna-warna dengan kontras yang cukup baik. Tidak hanya itu, saat disentuh, atau saat berinteraksi dengan smartphone, layar ini mampu merespon dengan cepat dan akurat setiap sentuhan yang diberikan.

Layar dengan resolusi 720 x 1280 pixels ini memiliki kerapatan pixels sebesar 267 ppi.Kerapatan pixels tersebut akan membantu kita dalam menampilkan gambar yang lebih detail saat melihat foto dan melakukan zoom,ataupun saat menggunakannya menonton video dan bermain game.

3. Jaringan dan Konektivitas
Smartphone ini menggunakan Dual SIM-card. Teknologi jaringan yang dimiliki adalah GSM, HSPA dan LTE. Dengan demikian, kita bisa online di jaringan 3G dan 4G.LTE band 1(2100), 3800), 5850), tujuh(2600), 8900), 20(800), 40(2300). Kecepatan maksimal yang bisa dihasilkan HSPA 21.1/5.76 Mbps.

Dengan adanya jaringan 3G dan 4G, berinternet, download, maupun streaming video jadi semakin lancar. Terlebih, apabila provider yang anda pilih juga menyediakan akses internet download maupun upload dengan bandwidth yang besar.

Konektivitas lain yang disediakan adalah, jaringan Wi-Fi 802.11 b/g/n.Disediakan juga Wi-Fi direct serta Hotspot. Bagi anda yang membutuhkan Bluetooth, tersedia Bluetooth versi 4.1, GPS dengan GLONASS,Near Field Communication, radio FM, dan microUSB.

Slot microSD, selain bisa digunakan untuk charging, bisa juga digunakan untuk mentransfer data dan support USB OTG.

Spesifikasi Hardware
Untuk menunjang agar performa smartphone ini semakin maksimal,Samsung telah memenangkan chipset QualcommMSM8939 Snapdragon 615. Selain itu tersedia juga pilihan lain yang menggunakan chipset Exynos 7580.

Tipe prosesor yang digunakan adalah Quad-core berkecepatan 1.4 GHzCortex-A53&Quad core 1.0 GHzCortex-A53. Kemudian untuk pilihan yang menggunakan chipset Exynos adalah processor Octa-core 1.5 GHz.


Hardware yang sangat besar tersebut dilengkapi juga dengan pengolah grafis dari Adreno 405 dan pilihan lain Mali T720-MP2.

Untuk membuka berbagai aplikasi berat serta game-game besar bukan lagi masalah, mengingat hardware yang dibenamkan untuk smartphone ini memiliki spesifikasi monster. Sehingga, melakukan multitasking atau membuka beberapa aplikasi sekaligus terasa lancar dan tanpa kendala. Begitu juga saat digunakan untuk bermain game-game besar, smartphone ini tetap memberikan respon positif dan setiap sentuhan direspon dengan cepat.

4. RAM dan Memori Internal
Untuk meningkatkan kinerja smartphone,Samsung membenamkan RAM sebesar 1,5 GB.RAM tersebut teruslah masih terasa kurang mengingat pesaing memberikan rata-rata RAM 2 GB untuk harga yang sama. Walau demikian, karena dalam prakteknya smartphone ini bisa menghandle banyak aplikasi berat dan game-game besar, membuat RAM sebesar 1.5 GB terasa cukup mumpuni.

Sedangkan untuk penyimpanan data, memori internal yang diberikan hanya 16 GB. Namun memori internal tersebut bisa di perluas dengan menggunakan microSD.Galaxy J7 sudah dilengkapi dengan slot microSD up to 128 GB.Dengan adanya ruang penyimpanan yang luas tersebut akan memudahkan kita untuk menyimpan berbagai koleksi video, foto serta audio dalam jumlah yang banyak.

5. Kamera
Untuk menangkap momen-momen penting, smartphone ini sudah dilengkapi dengan kamera utama atau primary camera yang memiliki resolusi 13 MP (Megapixels). Kamera tersebut memiliki respon yang cukup baik saat digunakan untuk mengambil foto. Kita tidak perlu menunggu lama untuk mengambil foto selanjutnya karena teknologi yang sudah dibenamkan oleh Samsung akan mempermudah kita melakukan jepretan dalam waktu yang singkat.

Resolusi foto maksimal yang bisa dihadirkan oleh kamera belakang adalah 4128 x 3096 pixels. Kamera tersebut dilengkapi dengan LED flash dan Autofocus serta beberapa fitur menarik seperti Touch Focus,Face Detection,Geo-tagging dan Panorama.

Untuk mengambil gambar di tempat-tempat yang minim cahaya, kamera tersebut tetap bisa bekerja dengan baik. Hasil yang diberikan cukup tajam menghasilkan warna-warna natural serta hampir tidak ada noise yang terlihat.

Smartphone yang dilepas dengan harga Rp. 3,8 jutaan ini dilengkapi juga dengan kamera depan 5 MP (Megapixels). Dan yang menarik, kamera depan yang disematkan pada smartphone ini juga ditemani LED flash yang memungkinkan kita untuk melakukan panggilan video dan foto selfie dengan hasil yang lebih baik.Tidak hanya di luar ruangan, kamera sekunder (depan) juga bekerja dengan cukup baik di dalam ruangan maupun di tempat yang minim cahaya karena adanya bantuan LED flash tersebut.

6. Sensor dan Fitur
Sensor yang disertakan diantaranya adalah:Proximity dan Accelerometer. Sedangkan fitur yang di sematkan cukup banyak diantaranya adalah: browser yang support HTML5,Pesan dengan SMS,MMS,Email, Push Email serta IM.

Tidak hanya itu, untuk memudahkan setiap aktifitas yang kita lakukan bersama smartphone,Samsung juga menyematkan Active noise cancellation with dedicated mic, ANT+ support, Quick Launch yang akan memudahkan kita untuk mengakses kamera ketika ingin merekam video atau mengambil foto sehingga tidak ketinggalan momen-momen penting. Fitur menarik lainnya yang ada di smartphone ini adalah Smart Manager. Dengan adanya smanager kita bisa mengontrol dan melihat performa smartphone secara keseluruhan mulai dari baterai, cuaca, dan keamanannya.

7. Harga Galaxy J7
Saat ini,Samsung Galaxy J7 dilepas dengan harga $285 atau setara dengan Rp. 3.8 jutaan. Dengan spesifikasi yang diberikan, rasanya kita bisa mendapatkan smartphone yang lebih baik jika melirik Asus Zenfone 2 atau beberapa smartphone dari pesaing seperti Huawei.

Contact Form

Name

Email *

Message *