Spesifikasi dan Review Samsung Z3

Setelah merealisasikan smartphone yang menggunakan sistem operasi Tizen dengan Z1, Samsung kembali menelurkan sebuah smartphone dengan nama Samsung Z3 yang memiliki sistem operasi versi terbaru Tizen. Pada awal peluncuran Z1, sebuah smartphone entry level yang dikhususkan untuk bersaing di pasar low-end dengan beberapa kompetitornya seperti Windows dan Android.


Smartphone dengan sistem operasi Tizen tersebut banyak dijual di negara Bangladesh dan India. Pada awalnya tidak ada ekspektasi tinggi yang diberikan untuk penjualannya. Namun pada kenyataannya smartphone ini bahkan laku hingga 1 juta unit dalam waktu 6 bulan. Kesuksesan penjualan selama kuartal pertama tahun 2015 di Bangladesh tersebut kemudian menginspirasi Samsung untuk kembali menawarkan spesifikasi yang lebih baik.

Samsung Z3 (SM-Z300H) memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan dengan seri pertama. Smartphone ini menggunakan sistem operasi Tizen 3.0. Dilengkapi dengan layar super AMOLED 5 inci serta prosesor Quad core 13 GHz dan RAM 1.5 GB.


Jika melihat spesifikasi yang diberikan tersebut, tentu smartphone ini tidak lagi menyasar ke pasar kelas bawah melainkan ke pasar kelas menengah.

Berikut adalah ulasan, spesifikasi lengkap dan harga Samsung Z3.

1. Layar
Layar yang digunakan adalah tipe PLS TFT Capacitive Touchscreen yang memiliki kedalaman warna hingga 16 juta. Layar tersebut memiliki bentang 5.0 inci dengan resolusi 540 x 960 piksel. Layar smartphone ini tidak dilindungi dengan Corning Gorilla Glass namun sudah support multi-touch dan memiliki kerapatan pixel sebesar 220 ppi.

2. Jaringan dan Konektivitas
Teknologi jaringan yang akan disematkan untuk Samsung Z3 adalah GSM, HSPA dan LTE.Dengan adanya jaringan 3G dan 4G, tentu menjadi nilai plus untuk smartphone ini.

Dengan spesifikasi jaringan yang diberikan tersebut, smartphone ini tampaknya memang sudah dipersiapkan oleh Samsung untuk bersaing di kelas menengah dengan beberapa vendor lain seperti Microsoft dengan Windows Phone-nya dan Google dengan Android-nya.

Selain menyediakan jaringan 3G dan 4G, smartphone ini juga menyertakan jaringan Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Wi-Fi direct. Untuk konektivitas, disertakan microUSB versi 2.0, radio FM, GPS dan Bluetooth versi 4.1.

3. Spesifikasi Hardware
Sistem operasi Tizen sebenarnya tidak terlalu berat dan tidak memakan banyak space memori. Walau demikian, sebagai sistem operasi yang sudah canggih layaknya Android, OS tersebut juga membutuhkan hardware yang besar agar bisa memberikan hasil yang maksimal saat digunakan.

Chipset yang digunakan untuk smartphone ini adalah buatan Qualcomm MSM8960 Snapdragon 410. CPU tersebut memiliki tipe Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53. Kemudian untuk memaksimalkan grafis, smartphone dibekali dengan Adreno 306.

4. RAM dan Memori
Tidak ada yang spesial dari RAM dan memori yang diberikan. RAM sebesar 1 GB serta memory 8 GB yang dibantu dengan adanya slot microSD up to 64 GB membuat smartphone ini layak diperhitungkan.


5. Kamera
Sayangnya, kamera yang diberikan untuk Z3 tidak terlalu besar. Kamera utama hanya 5 MP (Megapixels) dan bisa digunakan untuk mengambil foto dengan resolusi maksimal 2592 x 1944 pixels.Kamera tersebut dilengkapi dengan LED flash dan beberapa fitur menarik seperti Face Detection dan Geo-tagging.

Sedangkan dibagian depan,kamera yang disematkan hanya 2 MP (Megapixels) saja. Kamera depan tersebut memang tidak terlalu besar, namun mengingat fungsinya yang kebanyakan digunakan untuk melakukan panggilan video maupun foto selfierasanya masih bisa dimaklumi.

6. Sistem Operasi dan Baterai
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, smartphone ini menggunakan sistem operasi Tizen versi 3.0 yang sudah mendapatkan beberapa pembaharuan dan perbaikan dari versi sebelumnya.
Baterai yang digunakan adalah jenis Li-ion 2000 mAh. Baterai ini memang tidak terlalu besar. Namun, mengingat sistem operasi Tizen serta hardware yang disematkan pada smartphone ini tidak terlalu banyak memakan energi,maka baterai dengan kapasitas 2000 mAh terasa cukup mumpuni.

7. Sensor dan Fitur
Untuk memaksimalkan fungsi smartphone, disertakan beberapa fitur menarik diantaranya adalah, fungsi messenger berupa SMS, MMS, Email dan Push Email. Selain itu disediakan juga Java via Java MIDP emulator, browser, dan sensor berupa Proximity serta Accelerometer.

8. Pilihan Warna
Warna yang tersedia untuk smartphone ini hanya warna hitam dan putih.

9. Harga
Harga Samsung Z3 saat ini belum tersedia.

Contact Form

Name

Email *

Message *