Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S6 Duos

Selang 2 bulan setelah peluncuran Samsung Galaxy S6 di bulan April, Samsung meluncurkan seri yang sama yaitu Samsung Galaxy S6 hanya saja disematkan kata "Duos"untuk menandai bahwa smartphone ini hadir dengan 2 slot SIM card.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S6 Duos


Bagi anda yang menginginkan sebuah flashgrip kelas wahid dengan berbagai keunggulannya seperti, processor yang cepat, kamera yang bagus, layar cemerlang, yang dilengkapi dengan dual SIM, maka anda bisa menjatuhkan pilihan ke Samsung Galaxy S6 Duos. Smartphone ini memang dikhususkan bagi anda yang menginginkan sebuah smartphone yang bisa mengakomodasi 2 kartu, sehingga anda tidak perlu repot membawa 2 handphone kemana-mana.

Ide dengan 2 kartu pada smartphone high-end memang terbilang unik, mengingat sejak dahulu Samsung hanya menyematkan versi Duos untuk gadget kelas menengah ke bawah. Namun kita tidak perlu heran mengingat Samsung memang selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen mulai dari level yang paling bawah hingga level yang paling tinggi.


Spesifikasi lengkap Galaxy S6 Duos

Berikut adalah review, harga dan spesifikasi lengkap smartphone Samsung Galaxy S6 Duos.

1. Desain Body
Smartphone ini menyasar kelas high-end sehingga bahan yang digunakan untuk melapisi bodinya lebih baik dan lebih bagus dibandingkan dengan smartphone kelas menengah kebawah. Apabila sebelumnya pada seri Galaxy S5 Samsung masih menggunakan bahan plastik untuk body flashgrip mereka, maka kali ini Samsung sudah menggunakan bahan dari metal serta pelindung berupa kaca dari Corning.

Tidak tanggung-tanggung, backpanel smartphone ini dilindungi Corning Gorilla Glass 4 yang terkenal kuat, tahan goresan serta memiliki keunggulan beberapa kali lipat dibandingkan dengan Gorilla Glass 3 atau kaca yang diproduksi oleh para pesaing.

Dengan adanya kaca tersebut, tampilan bodi smartphone yang dikeluarkan pada bulan Juni tahun 2015 ini terlihat lebih berkelas, elegan dan gaya. Tidak hanya itu, sebagai salah satu smartphone kelas atas Samsung S6 Duos dirancang agar nyaman digunakan dan mudah dibawa.

Dimensi Smartphone
Ukuran smartphone ini 143.4 x 70.5 x 6.8 mm. Dengan lebar hanya 70.5 mm tentu akan dengan mudah digenggam dengan satu tangan.Walau demikian, untuk mengoperasikannya dan untuk menjangkau seluruh layar, kita membutuhkan setidaknya 2 tangan.

Namun untuk penggunaan standar seperti berkirim pesan, telepon, atau meng-update sosial media, kita bisa melakukannya dengan satu tangan saja.

Walaupun menggunakan bahan metal, namun smartphone ini tidak terkesan berat dan justru tergolong ringan mengingat berat bersihnya hanya 138 gram.

Disamping ringan, smartphone ini juga tergolong sangat tipis karena hanya memiliki ketebalan sekitar 6.8 mm. Karena sangat tipis, smartphone ini akhirnya mengorbankan ukuran baterai yang menjadi tidak terlalu besar.

Warna
Beberapa warna yang tersedia diantaranya adalah, black sapphire, gold platinum dan white pearl. Warna-warna tersebut tentunya tidak biasa dan memang dikhususkan untuk membuat smartphone ini tampil beda dan elegan.

Layar
Layar yang digunakan adalah tipe super AMOLED Capacitive Touchscreen yang dapat menampilkan 16 juta warna. Layar tersebut memiliki bentang 5.1 inchi yang memakan 70.9 (persen) dari body ratio.

Agar tahan terhadap goresan, tidak mudah pecah, dan aman saat terjatuh, smartphone ini dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 4. Ini adalah kaca termutakhir yang tahan terhadap berbagai "siksaan" Ekstrim.

Layar 5.1 inci tersebut memiliki resolusi 1440 x 2560 pixels, dengan kerapatan 576ppi. Kerapatan yang sedemikian besar tersebut menyebabkan smartphone ini mampu menampilkan gambar yang realistis dengan warna-warna tajam.Sehingga, kualitas gambar yang ditampilkan akan memberikan anda pengalaman yang luar biasa saat melihatnya dilayar, begitu juga saat bermain game maupun saat menyaksikan video.

2. Spesifikasi Hardware
Sebagai smartphone kelas atas, hardware yang dibenamkan tentunya juga tidak biasa biasa-biasa saja. Chipset yang digunakan adalah Exynos 7420 yang dipadukan dengan prosesor Quad-core berkecepatan 1.5 GHzCortex-A53 dan QuadCore-2.1 GHzCortex-A57.

Untuk menangani grafisnya, diserahkan pada MaliT760MP8. Hardware grafis (GPU) tersebut memungkinkan smartphone melakukan berbagai tugas berat seperti menampilkan grafis yang detail dan tajam dan menjalankan animasi (game) menjadi lebih realistis. Saat melihat kedalam layar mata tidak akan mudah lelah, gambar yang dihasilkan terkesan sangat natural dan lembut.

3. RAM dan Memori
Agar pengoperasian smartphone ini semakin lancar dan smooth, Samsung memberikan RAM sebesar 3 GB. Bagi sebagian orang, mungkin RAM tersebut masih kalah besar dibandingkan dengan beberapa smartphone pesaing yang menggunakan RAM 4 GB. Namun tentunya Samsung sudah memperkirakan hal tersebut dengan melakukan manajemen RAM. Sehingga berbagai aktivitas seperti multitasking, menjalankan game berat dan berbagai aplikasi besar menjadi lebih terorganisir. Dengan begitu, pengalaman menggunakan Samsung Galaxy S6 Duos akan tetap menyenangkan untuk user.

Tidak tersedia memori external untuk smartphone ini. Walau demikian, memori internal yang diberikan cukup besar.Setidaknya terdapat tiga pilihan yaitu, yang menggunakan memori internal 32 GB, 64 GB dan 128 GB.
Apabila anda merasa memori internal tersebut masih belum memenuhi kebutuhan anda akan ruang penyimpanan, Samsung juga menyediakan Cloud Storage di One Drive, gratis sebesar 115 GB.

4. Jaringan dan Koneksi
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, smartphone ini menggunakan dual SIM Card. Dan, kedua SIM Card tersebut menggunakan teknologi jaringan GSM serta sudah mendukung 3G dan 4G.

Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps. Sedangkan LTE Cat6 300/50 Mbps. Dengan kecepatan tersebut, tentunya menonton film streaming dalam format High-Definition (HD) bukan lagi masalah. Hanya saja operator di Indonesia yang menggelar jaringan 4G maksimal hanya memberikan kapasitas download sekitar 11 MB per detik.

Bahkan beberapa operator lain hanya menawarkan kecepatan maksimum download sebesar 10, 9, dan bahkan ada yang hanya 7 MB. Dengan kecepatan yang tidak maksimal tersebut menyebabkan jaringan LTE yang ada pada smartphone ini terasa mubazir. Walau demikian, kita berharap kedepannya operator telekomunikasi di Indonesia bisa meningkatkan layanan mereka.

Selain menggunakan data mobil, disediakan juga jaringan Wi-Fi serta beberapa fitur termasuk Bluetooth 4.1, GPS dengan teknologi GLONASS dan Beidou, Near Field Communication atau NFC, infrared port, dan Micro USB versi 2.0.

5. Kamera


Kamera Belakang
Menangkap momen-momen berharga dengan kamera yang memiliki sensor besar tentu saja menjadi impian banyak orang. Jika sebelumnya kamera dengan pixel besar bisa kita dapatkan dari kamera compact, saat ini kita tidak perlu repot-repot membeli kamera compact dan membawa kamera kemana-mana karena smartphone sekelas Samsung Galaxy S6 Duos sudah memiliki kamera sebesar 16 Megapixels.

Kamera tersebut bahkan bisa digunakan untuk mengambil foto dengan resolusi maksimal hingga 2988 x 5312 pixels. Gambar yang dihasilkan terlihat tajam, bersih, dan detail.

Tidak hanya di luar ruangan, kamera tersebut juga bekerja dengan cukup baik di dalam ruangan dan di tempat-tempat yang minim cahaya. Untuk memaksimalkan fungsi kamera kamera disertakan juga Optical Image Stabilizationilization, LeD Flash, Auto Focus dan beberapa fitur seperti: Touch Fokus, Face Detection, Auto HDR,Geo-tagging dan Panorama.

Untuk merekam video, smartphone ini mampu menghasilkan resolusi hingga 2160p pada kecepatan 30fps. Jika kecepatannya kita naikkan menjadi 60fps smartphone ini bisa menghasilkan video dengan resolusi 1080p.

Teknologi yang disertakan untuk menangkap momen-momen penting dengan menggunakan video diantaranya adalah, HDR dan Dual Video Rec.

Kamera Depan
Untuk kamera depan, tersedia kamera 5 Megapixels yang bisa digunakan untuk mengambil foto selfie atau bisa juga digunakan untuk melakukan panggilan video (3G). Walaupun hanya memiliki resolusi 5 Megapixels kamera tersebut bisa menghasilkan gambar yang cukup baik dan terang. Namun sayangnya, hasil kamera sekunder tersebut tidak begitu maksimal ketika digunakan di dalam ruangan.

Kamera tersebut dilengkapi dengan beberapa teknologi seperti Auto HDR dan Dual Video Call. Apabila digunakan untuk mengambil foto selfie, kamera ini bahkan dilengkapi juga dengan teknologi yang memungkinkan kita untuk mengambil gambar lebih luas menjadi 120%(persen).

6. Sistem Operasi
Ketika pertama diumumkan dan dirilis, smartphone ini sudah dibekali dengan Sistem Operasi Android versi 5.0 Lollipop. Dan kemungkinan besar smartphone ini akan mendapatkannya upgrade ke versi terbaru, yaitu versi 6.0 Marsmallow.

7. Baterai
Desain smartphone yang tipis hanya 6.8 mm menyebabkan Samsung mengorbankan ukuran baterai. Walau demikian, dengan adanya beberapa aplikasi seperti Battery Saver yang secara khusus dibenamkan oleh Samsung pada smartphone ini menyebabkan baterai non-removable Li-ion 2550 mAh yang ada di smartphone terasa sangat irit dan bisa diandalkan.

Baterai tersebut mampu bertahan hingga 17 jam apabila digunakan untuk berbicara di jaringan 3G. Kemudian, apabila kita menggunakannya untuk mendengarkan musik, baterai tersebut bahkan mampu bertahan hingga 49 jam.

Disertakan juga teknologi wireless charging yang memungkinkan kita untuk melakukan charging tanpa kabel.Sehingga kita bisa mengisi baterai setiap saat tanpa harus repot-repot membuka dan memasang charger seperti Micro USB. Dan dengan adanya teknologi ini, smartphone menjadi lebih aman dari arus listrik yang dapat membahayakan tubuh walaupun body smartphone menggunakan bahan metal.

8. Harga Samsung Galaxy S6 Duos
a. Harga S6 Duos versi 32 GB sekitar Rp. 10 juta.
b. Versi 64 GB dilepas dengan harga sekitar Rp. 11 jutaan.
c. Sedangkan versi yang paling tinggi yaitu varian 128 GB hingga saat ini belum tersedia.

9. Fitur dan Sensor
Sensor yang disematkan diantaranya adalah: Accelerometer, Gyro,Proximity, Compass, Barometer, Heart Rate dan SpO2.
Beberapa fitur unggulan yang disertakan diantaranya adalah, ANT+ support, S-Voice Natural Language Command and Dictation,Smart Stay, dan lain-lain.

Contact Form

Name

Email *

Message *