Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J1

Vendor elektronik dan smartphone, Samsung banyak melahirkan gadget yang menyasar ke segmen kelas bawah, menengah, hingga kelas atas. Smartphone yang dikeluarkan oleh vendor elektronik raksasa ini rata-rata cukup berkelas dengan spesifikasi yang sedikit tricky serta harga yang bersaing. Dikatakan tricky karena terkadang spesifikasi yang diberikan tidak terlalu wah namun berharga cukup mahal dan hanya mengandalkan nama besar Samsung saja.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J1

Salah satu smartphone yang dikeluarkan untuk pasar low-end pada bulan Februari tahun 2015 adalah Samsung Galaxy J1 yang memiliki beberapa keunikan.

1. Desain Bodi dan Dimensi

Desain Body Galaxy J1
Tidak seperti kebanyakan smartphone keluaran Samsung lainnya, Galaxy J1 memiliki bagian sisi yang tampak melengkung (cembung) layaknya iPhone 6. Terlihat sangat berkelas, simple dan nyaman saat disentuh. Desain tersebut seolah-olah mengirimkan pesan bahwa ini adalah salah satu ponsel modern yang dikemas dengan harga murah.


Saat menggenggam smartphone ini, dengan adanya lengkungan di bagian pinggir membuat tanganrileks dan tidak mudah capek.

Di bagian depan terdapat chrome list yang melingkar di sepanjang bazel. Sedangkan tombol-tombol lain hampir tidak ada perubahan. Mulai dari tombol fisik di bagian depan untuk homescreen, tombol kapasitif berupa tombol Back dan Option, tombol Power di sebelah kanan, tombol volume di sebelah kiri, kemudian dibagian atas terdapat lubang untuk eraphone jack 3,5 mm.Sedangkan di bagian bawah, kita akan menemukan slot untuk micro USB.

Di bagian belakang, tepatnya di atas logo Samsung terdapat kamera berbentuk persegi dengan sudut melingkar yang sedikit menonjol.Kemudian di sebelah kanannya terdapat LED flash dan di sebelah kirinya terdapat lubang untuk speaker.

Warna
Beberapa warna yang tersedia untuk smartphone ini diantaranya adalah, warna hitam, warna putih dan warna biru.

Dimensi Smartphone
Smartphone ini terkesan mungil karena memiliki dimensi 129 x 68. 2 x 8. 9 mm. Dengan ketipisan 8. 9 mm serta bobot 122 gram, membuat smartphone ini nyaman digenggam dan enak digunakan untuk menelpon atau untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Layar
Bentang layar smartphone ini 4,3 inchi yang memakan tempat sekitar 59. 8 persen dari body ratio. Resolusi layar 480 x 800 piksel tersebut memiliki kepadatan piksel sebesar 217 ppi. Display yang digunakan adalah tipe TFT capacitive touchscreen yang mampu menghadirkan 16 juta warna.

Walaupun tidak menggunakan teknologi super AMOLED, namun layar smartphone ini sudah mampu menghadirkan warna yang cukup realistik dan jernih, serta kontras yang cukup baik saat digunakan di bawah sinar matahari.

Karena tidak menyertakan pelindung dari Corning Gorilla Glass, maka saat membeli anda juga setidaknya harus membeli proteksi layar agar tidak mudah tergores.

2. Spesifikasi Hardware

Chipset, CPU dan GPU
Hardware yang ditanamkan pada smartphone ini diantaranya adalah,Chipset dari Spreadtrum, kemudian processornya bertipe Dual core memiliki kecepatan 1.2 GHzCortex-A7 dan dilengkapi juga dengan pengolahan grafis Mali-400.

RAM dan Memori
Jeroan tersebut dilengkapi dengan RAM sebesar 512MB dan memori internal yang disediakan hanya 4GB. Walaupun tidak terlalu besar, memori internal tersebut tidak terlalu mengkhawatirkan mengingat Samsung juga menyertakan slot untuk Micro SD up to 128GB.

3. Jaringan dan Koneksi
Jaringan telepon dan SMS yang digunakan adalah teknologi GSM.Serta, terdapat juga HSPA untuk mobile data. Jaringan 3G HSDPA 900 / 2100 memiliki kecepatan 21.1/5.76 Mbps.

Smartphone ini menggunakan dual simcard dan kedua-duanya menggunakan teknologi jaringan GSM.

Untuk terkoneksi ke jaringan internet, selain menggunakan 3G, smartphone ini juga menyediakan Wi-Fi 802.11 b/g/n, wi-fi direct, dan terdapat juga fungsi hotspot.
Untuk teknologi lokasi, smartphone sudah dibekali dengan GPS dan fitur glonass. Fitur lainnya adalah,Bluetooth versi 4.0, radio FM dengan recording, serta micro USB versi 2.0.

4. Kamera
Karena menyasar segmen low-end dan berharga tidak terlalu mahal, smartphone ini hanya dibenamkan kamera utama 5 Megapiksel yang bisa digunakan untuk menangkap gambar maksimal 2592 x 1944 pixels. Kamera tersebut dilengkapi dengan autofocus yang akan memudahkan kita membidik objek yang diinginkan. Selain itu terdapat juga LED flash yang akan membantu saat kita mengembalikan moment di tempat-tempat yang rendah cahaya.

Sedangkan kamera depan hanya menggunakan kamera CMOS 2 Megapiksel yang bisa digunakan untuk melakukan foto selfie maupun untuk panggilan video 3G.

Walaupun hanya memiliki resolusi 2 Megapixel, namun teknologi yang disematkan untuk smartphone ini cukup modern terutama untuk foto selfie. Kita bisa mengambil foto dengan palm selfie yang memungkinkan kita untuk melakukan gesture atau gerakan tangan saat berfoto. Dengan adanya fitur tersebut kita tidak harus repot-repot menekan tombol shutter atau tombol capture.

Kamera belakang dilengkapi dengan fitur geotagging,touch focus, dan face detection. Selain itu, kamera tersebut bisa digunakan untuk merekam video maksimal sehingga 720p pada kecepatan 30fps.

5. Sistem Operasi
Smartphone ini sudah bisa diinstal dengan BBM, Microsoft Word Mobile, dan beberapa aplikasi penting lainnya karena sudah menggunakan sistem operasi Android versi 4.4.4 Kitkat.


Kemungkinan besar smartphone ini tidak akan mendapatkan upgrade ke OSAndroid versi 5. 0 Lolipop.

6. Baterai
Keunggulan lain yang dimiliki oleh smartphone ini adalah efisien power usage yang memungkinkan kita untuk menggunakan Galaxy J1 lebih lama. Hal tersebut bisa terjadi karena smartphone ini dilengkapi dengan Ultra Power Saving Mode yang akan mematikan beberapa fungsi yang tidak diperlukan. Sehingga, konsumsi baterai menjadi lebih irit. Bahkan saat kondisi baterai sedang low, smartphone ini masih bisa digunakan untuk berkirim pesan dan melakukan panggilan telepon tanpa harus membuat kita khawatir.

Baterai yang dibenamkan pada smartphone ini adalah jenisLi-ion 1850 mAh. Baterai tersebut apabila digunakan untuk berbicara di jaringan 3G bisa bertahan kurang lebih 9 jam. Sedangkan apabila kita menggunakannya untuk terkoneksi ke internet menggunakan Wi-Fi, baterai bisa bertahan hingga 12 jam.Baterai tersebut apabila dalam kondisi penuh, juga bisa digunakan untuk menonton video hingga 9 jam.

Apabila anda memanfaatkannya untuk berbicara di jaringan 3G (WCDMA), smartphone bisa bertahan hingga 10. Sedangkan untuk memutar musik dan mendengarkan audio, smartphone bahkan bisa bertahan hingga 40 jam.

7. Harga Smartphone Galaxy J1
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, dengan spesifikasi yang ada, smartphone ini hanya dilepas dengan kisaran harga Rp. 1 jutaan.

Untuk harga second atau harga bekas, belum tersedia.

8. Audio and Video Support
Diantara berbagai jenis video yang bisa diputar langsung tanpa menggunakan tambahan codec dari pihak ketiga diantaranya adalah, video berformat: MP4, 3GP,M4V, 3G 2, MKV, dan WEBM. Resolusi video maksimal yang bisa diputar di smartphone ini adalah HD 1280 x 720 piksel yang memiliki kecepatan 30fps.

Sedangkan untuk audio, smartphone ini bisa digunakan untuk mendengar dan memutar beberapa format seperti: MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, dan OTA.

9. Fitur dan Sensor
Beberapa fitur dan sensor yang disematkan pada smartphone ini antara lain, sensor accelerometer, sensor proximity, fitur SMS, MMS, email, push email, foto and video editor, serta document viewer.

Contact Form

Name

Email *

Message *