Bahaya Tidur Dekat di Samping Smartphone

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan smartphone, Perkembangan smartphone memang sudah menjadi suatu kebutuhan di zaman sekarang. Kehadiran smartphone tentu memudahkan anda melakukan aktivitas sehari-hari untuk berkomunikasi, terhubung dengan media sosial, menonton video dari internet dan dan bahkan bisa menjadi alat bantu kerja kita. Tapi smartphone juga memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Sama seperti ponsel jadul, radiasi sinyal dikatakan akan mengganggu otak, begitu juga dengan smartphone.

Bahkan saat tidur anda dekat dengan smartphone. Biasanya juga tanpa sengaja kita tertidur dengan smartphone berada di samping dan Sering kali kita melihat pemberitahuan dari media sosial sebelum tidur, kemudian meletakkan smartphone dekat bantal Atau bahkan kita sengaja meletakkan ditempat tidur karena malas bergerak ke meja untuk meletakkan smartphone.

Bahaya Tidur Dekat Smartphone

Berikut ini adalah bahaya tidur dekat smartphone yang berdampak buruk bagi kesehatan kita dalam waktu jangka panjang. kebiasaan tidur dekat di samping smartphone sebaiknya kita kurangi dari sekarang.


Dampak negatifnya antara lain dikutip dari berbagai sumber.

  • Memicu Kanker Otak

Radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh smartphone sangatlah tinggi. Pasti anda pernah mengalami menonton televisi gambarnya bergoyang dan ada garis hitam putih dan tidak lama akan muncul notifikasi pemberitahuan dari ponsel anda, jika ponsel anda dekat dengan televisi. Hal itu membuktikan radiasi smartphone sangatlah tinggi. Jika anda tidur dengan posisi smartphone dekat kepala akan sangat membahayakan dalam waktu jangka panjang bagi kesehatan otak kita.

Radiasi Smartphone terhadap televisi

  • Menganggu Tidur

Pernahkah anda terbangun dari tidur karena mendengar notifikasi dari Smartphone dan membuka pemberitahuan di media sosial? Radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan smartphone menggangu kondisi tidur pada beberapa orang, selain itu radiasi membuat kita terbangun saat tidur.

  • Menghambat Pertumbuhan Fisik

Tidur dekat smartphone ternyata juga dapat menghambat pertumbuhan fisik pada anak, Dan jangan heran jika anak anda sulit bangun pagi, datang terlambat ke sekolah, bisa jadi karena malamnya dia kurang tidur dan pada akhirnya akan menghambat pertumbuhan fisiknya.

  • Penglihatan jadi Kabur        

Jika anda akan tidur, sebaiknya jauhkan smartphone dari pandangan mata, Menggunakan smartphone dalam keadaan temaram atau gelap, akan memaksa mata bekerja keras menerima cahaya yang masuk, hal ini akan merusak penglihatan. Smartphone mengeluarkan cahaya yang di sebut blue light cahaya tersebut dapat menghambat produksi hormon melatonin yang membuat sulit memejamkan mata.

  • Wajah Lebih Cepat Keriput

Radiasi yang dihasilkan smartphone akan terpapar secara langsung ke kulit kita, jika tidur dekat smartphone dan menimbulkan hasil yang kurang baik bagi kesehatan kulit kita.

  • Mengganggu Metabolisme Tubuh

Karena bagian tubuh kita yang seharusnya beristirahat pada malam hari akan di paksa bekerja terus menerus karena reaksi dari radiasi smartphone tersebut

Sudah saatnya kita bersikap bijak dalam penggunaan smartphone pada malam hari saat akan tidur, sebaiknya smartphone kita matikan atau minimal jangan terlalu dekat dengan smartphone saat tidur, agar tidak menggangu kesehatan kita nantinya.

Contact Form

Name

Email *

Message *